Tuesday, May 18, 2010

Praktek Penelitian Hadis (Takhrij)

Praktek Penelitian Hadis Nabi

Pada makalah ini penulis mencoba mentakhrij hadis, dari hadis yang diriwayat oleh Ibn ‘Abbas ra. Yang berbunyi :

عَنْ ابْنِ عَبَّاس رضيٍ الله عنها عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى فِي كُسُوفٍ فَقَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ يسجد

Setelah ditelusuri, hadis tersebut ditunjukkan oleh al-Mu’jam[1] dapat ditemukan di dalam kitab, sahih Muslim, [2] at-Tirmidzi, [3] Abu Daud, [4] dan an-Nasa’i .[5]

Akan tetapi teks hadis yang telah ditemukan tidak ada satupun yang sama persis sebagaimana hadis tersebut di atas. Adapun lafadz yang mirib dengan teks hadis di atas sebagaimana telah diriwayatkan oleh Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Abu Daud.

Selanjutnya, teks hadis sebagaimana yang ditunjuk oleh mu’jam sebagamana berikut :

1. Tirmidzi

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى فِي كُسُوفٍ فَقَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَالْأُخْرَى مِثْلُهَا

2. An-Nasa’i

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى عَنْ يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ قَالَ حَدَّثَنَا حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى فِي كُسُوفٍ فَقَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ وَالْأُخْرَى مِثْلُهَا

3. Abu Daud

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى فِي كُسُوفِ الشَّمْسِ فَقَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ قَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ وَالْأُخْرَى مِثْلُهَا

Adapun pembahasan hadis (takhrij hadis) dibatasi hanya kitab kutub as-sittah, terlepas dari kitab yang tidak terdapat hadis yang bersangkutan, dan terlepas dari kitab sahih Bukhari sahih Muslim. Selanjutnya skema hadis sebagaimana termuat di dalam kitab sunan at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Abu Daud.


‘an ‘an ‘an


Rounded Rectangle: Thawus bin Kisani ‘an ‘an ‘an


‘an ‘an ‘an


Rounded Rectangle: Sufyan bin Sa’id naa ‘an


‘an ‘an ‘an


haddasana ‘an ‘an

Rounded Rectangle: Musaddad bin Masrahid Rounded Rectangle: Muhammad bin Musanna Rounded Rectangle: Muhammad bin Basyar


haddasana akhbarana haddasana

Rounded Rectangle: Abu Daud Rounded Rectangle: An-Nasa’i Rounded Rectangle: At-Tirmidzi


Nama-nama Perawi Hadis

1. Ibn Abbas[6]

a. Nama lengkapnya : ‘Abd Allah bin ‘Abbas bin ‘Abd al-Mutallib al-Hasyimi Ibn ‘Amm Rasul Allah saw., wafat pada tahun 68 H. di Ta’if.

b. Guru dan muridnya di bidang periwayatan hadis : Guru-gurunya, antara lain Rasul Allah, Abihi, Abu Bakar, ‘Umar, ‘Usman, ‘Ali, ‘Abd ar-Rahman bin ‘Auf, dan lainnya. Murid-muridnya, antara lain Muhammad, ‘Ali (anaknya), Ibn Muhammad bin ‘Ali, Ibn aqih ‘Abd Allah bin ‘Abbas, Sa’labah bin al-Hakam dan lainnya.

2. Thawus[7]

a. Nama lengkapnya : Thawus bin Kisani al-Yamani atau Abu ‘Abd ar-Rahman al-humairi al-Jundi maula Bahir bin Raisan, dikatakan namanya dakwan nama Thawus adalah nama gelarnya. Ia wafat pada tahun 196 H. dia termasuk dari golongan tabi’in pertengahan.

b. Guru dan Muridnya : Guru-gurunya antara lain adalah ‘Abdullah bin Abbas, ‘Abdullah bin ’amr, ‘Abdullah Umar, ‘Abdullah bin Zubair, Abi Hurairah, ‘Aisyah, Zaid bin Sabit, dan lain-lain. Sedangkan murid-muridnya di antaranya anaknya yaitu ‘Abdullah, Wahab bin Manbah, Sulaiman al-Taimi, Sulaiman al-Ahwal, Abu Zubair, al-Zuhri, Ibrahim bin Maisarah Habib bin Abi Sabit, dan sebagainya.

c. Pandangan kritikus hadis tentang beliau :

1. Ibn Hajar : Dia siqah, faqih dan fadhil

2. Ibn Ma’in : Dia siqah

3. Abu Zur’ah : Dia siqah

3. Habib bin Sabit[8]

a. Nama lengkapnya : Habib bin Abi Sabit Qais bin Dinar, ada yang mengatakan Qais bin Hind, sebagaian lagi ada yang mengatakan bahwa nama Abi Sabit itu Hind al-Asadi maula Abu Yahya al-Kufi. Beliau meninggal pada tahun 117 H.

b. Guru dan muridnya : Di antara guru-gurunya yaitu Ibn ‘Umar, Ibn Abas, Anas bin Malik, Zaid bin Arqam, Abi Tufail, Ibrahin bin Sa’ad bin Abi Waqash, Nafi’ bin Jubair bin Muth’am, Mujahid, ‘Atha’, Thawus, Sa’id bin Jubair, dan lain sebagainya.

c. Pandangan kritikus hadis tentang beliau :

1. Ibn Hajar : Dia siqah akan tetapi banyak memursalkan hadis dan dia tergolong mudallis.

2. Al-‘Ijli : Dia seorang Kufi tabi’i siqah.

3. Ibn Ma’in : Dia siqah.

4. Abu Hatim : Dia shaduq siqah, dia tidak mendengar hadis Mustahadhah dari ‘Urwah, hal ini senada dengan at-Tirmidzi. Menurut Ibn Hatim di dalam kitab marasil mengatakan bahwa, ahli hadis bersepakat tentang ini.

5. Ibn Hiban : Di Mudallis

6. Al-Azadi : Dia siqah shaduq

4. Sufyan[9]

a. Nama lengkapnya : Sufyan bin Sa’id bin Masruq al-Sauri, Abu ‘Abdillah al-Kufi. Wafat pada tahun 161 H.

b. Guru dan Muridnya : Di antara guru-gurunya adalah Bapaknya, Abi Ishaq al-Syaibani, Abi Ishaq al-Sabi’I, ‘Abdul Malik bin ‘Amir, ‘Abdurrahman bin ‘Abas, bin Rabi’ah, Isma’il bin Abi Khalid, Thariq bin ‘Abdur Rahman, Habib bin Shahid, Habib bin Sabit, Ayyub bin Musa, dan sebagainya. Sedangkan murid-murid beliau adalah Aban bin Tughalib, Syu’bah, Auza’I, Malik, Zuhair bin Mu’awiyyah, ‘Abdur Rahman bin Mahdi, Yahya bin Sa’id al-Qatan, Ibn Mubarak dan masih banyak lagi.

c. Pandangan kritikus hadis tentang beliau :

1. Menurut Ibn Hajar : Dia siqah hafidh faqih imam hujjah.

2. Ssyu’bah, Ibn ‘Uyainah, Abu ‘Ashim, dan Yahya bin Ma’in : Dia amirul mu’minin fi al-Hadis.

5. Yahya bin Sa’id[10]

a. Nama lengkapnya : Yahya bin Sa’id bin Furuh al-Qatan al-Taimi Abu Sa’id al-Bashri al-Ahwal al-Hafidh. Wafat pada tahun 198 H.

b. Guru dan Muridnya : Di antara guru-gurunya ialah Sulaiman al-Taimi, Humaid al-Tawil, Isma’il bin Abi Khalid, ‘Abdullah bin Umar, Yahya bin Sa’id al-Anshari, Hisyam bin ‘Urwah, ‘Ikrimah bin ‘Amar, Yazid bin Abi ‘Ubaid, Sufyan, Husain al-Mu’alim, al-Auza’i, dan sebagainya. Sedangkan murid-murid beliau adalah Ibn Muhammad bin Yahya, Ahmad bin Muhammad, Ishaq, Ali bin Madani, Yahya bin Ma’in, ‘Umaru bin ‘Ali al-Falas, Musaddad, Abu Bakar bin Abi Syaibah, dan sebagainya.

c. Pandangan kritikus hadis tentang beliau :

1. Menurut Ibn Hajar : Dia siqah, mutqin hafidh imam qudwah.

2. Ibn Sa’ad : Dia siqah ma’mun rafi’an hujjah.

3. Al-Ijli : Dia siqah fi al-Hadis, dia tidak mengambil berita kecuali dari yang siqah juga.

4. Abu Zur’ah : Dia al- siqat al-hafaaid

5. Abu Hatim : Dia hujjah hafidz

6. An-Nasa’i : Dia siqah sabat

6. Muhammad bin Basyar[11]

a. Nama lengkapnya : Muhammad bin Basyar bin ‘Usman bin Daud, bin Kisani al-‘Abdi, Abu Bakar al-Hafidh al-Bashri Bundari. Beliau wafat pada tahun 252 H.

b. Guru dan Muridnya : Guru-gurunya adalah ‘Abdul Wahab al-Saqafi, Ghundar, Ruh bin ‘Ubadah, Harami bin ‘Umarah, Ibn Abi ‘Adi, Mu’ad bin Hisyam, Yahya al-Qatan, Ibn Muhdi, Abu Daud al-Tayalisi, Yazid bin Zari’, Yazid bin Harun, dn masih banyak lagi. Adapaun murid-murid beliau adalah Jama’ah (pemilik kitab Sahih dan Sunan), adapaun an-Nasa’I meriwayatkan hadis darinya melalui jalur Abu Bakar al-Maruzi dan Zakaria al-Sajazi, berikutnya Abu Zur’ah, Abi Hatim, Baqi bin Khalid dan lain sebagainya.

c. Pandangan kritikus hadis tentang beliau :

1. Menurut Ibn Hajar : Dia siqah.

2. Al-‘Ijli : Dia siqah kasir al-hadis.

3. Abu Hatim : Shaduq.

4. An-Nasa’i : Dia shalih la ba’sa bih.

7. Musaddad[12]

a. Nama lengkapnya : Musaddad bin Masrahid bin Masrabil al-Bashri al-Asadi Abu Hasan al-Hafidz. Wafat pada tahun 228 H.

b. Guru dan Muridnya : ‘Abdullah bin Yahya bin Abi Kasir, Hasyim, Yazid bin Zari’, ‘Isa bin Yunus, Fudhail bin ‘Iyyad, Mahdi bin Maimun, Ja’far bin Sulaiman, Hamad bin Zaid, al-Qathan, Abi ‘Awanah, dan sebagainya. Sedangkan murid-muridnya adalah Bukhari, Abi Daud, an-Nasa’i dengan melalui jalur Muhammad bin Muhammad bin Khalad al-Bahili, at-Tirmidzi, Ibrahim bin Ya’qub al-Zaujijani, Muhammad bin Sa’id ad-Dundani, Abu Zur’ah dan lain sebagainya.

c. Pendapat kritikus hadis tentang beliau :

1. Menurut Ibn hajar : Dia siqah hafidz.

2. Ibn Ma’in : Dia shaduq.

3. An-Nasa’i : Dia siqah.

4. Al-‘ijli : Dia siqah.

5. Abu Hatim : Dia siqah.

6. Ibn Qani’ : Dia siqah.

7. Ibn ‘Adi : Dia siqah.

8. Muhammad bin Musanna[13]

a. Nama lengkapnya : Muhammad bin Musanna bin ‘Ubaid bin Qais bin Dinar al-‘Anzi Abu Musa al-bashri al-Hafidz. Wafat pada tahun 252 H.

b. Guru dan Muridnya : Di antara guru-gurunya adalah ‘Abdullah bin Idris, Abi Mu’awiyah, Khalid bin Haris, Yazid Zari’, Husain bin Hasan al-Bashri, Mu’tamar, al-Qathan, Hafs bin Ghias, Ishaq bin Yusuf, al-‘Ijli dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun murid-murid beliau adalah Jama’ah, Abu Zur’ah, Abu Hatim, al-Dhahili, Baqi bin Mukhalad, Zakaria al-Saji, Ibn Abi Dunya, Abu Kharas, Muhammad bin Ishaq, dan lain sebagainya.

c. Pendapat kritikus hadis tentang beliau :

1. Menurut Ibn Hajar : Dia siqah sabat.

2. Ibn Ma’in : Dia siqah

3. Ad-Dhahli : Dia hujjah

4. Shalih bin Muhammad : Dia shaduq al-lahjah.

5. Abu Hatim : Dia shalih al-hadis shaduq

6. An-Nasa’i : Dia la ba’sa bih, karena ada perubahan di dalam kitabnya.

7. Ad-Daruqudni, Dia salah seorang yang siqat

8. Maslamah : Dia siqah masyhur min hafidz

Pembahasan Tentang Sanad Hadis

Seluruh silsilah sanad yang terdapat di dalam jalur at-Tirmidzi, Abu Daud dan an-Nasa’i, jika ditinjau dari segi persambungan sanad tergolong muttashil, karena kalau di lihat dari komposisi usia dan tempat semuanya muttashil walaupun yang bentuk periwayatan secara tahdis hanya Sufan dari Habib bin Sabit dan sisanya bentuk periwayatan secara mu’an’an, adapun bila dilihat dari segi keadilan dan kedhabitan seluruhnya tergolong siqah, terkecuali Habib bin Sabit yang dinilai oleh Ibn Hajar dengan sebutan siqah akan tetapi seorang yang banyak memursalkan hadis dan tergolong tadlis.[14] Dengan demikian, walaupun dia siqah akan tetapi tadlis, kesiqahannya tidak sempurna.

Oleh karena itu, sanad hadis yang terdapat pada hadis riwayat at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Abu Daud, karena sanadnya terdapat ada salah satu perawi yang dinilai kurang siqah, oleh karena itu dinilai hasan.

والله اعلم



[1] A.J. Wensinck, al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fadi al-Hadis an-Nabawi, (Leiden: Brill, 1965), t.cet., Jilid 4, h. 48-49

[2] Muslim, Shahih Muslim, (Bairiut: Dar al-Fikr, 1992), Edisi Baru, t.Cet., Jilid 1, h. 187, Bab Kitab al-Kusuf , Nomor 18,

[3] At-Tirmidzi, Sunan at-Tirmidzi, (Bairut: Dar al-Fikr, 1994), Edisi Baru, t.cet., Jilid 2, h. 278, Bab, ma ja’a fi shalatil kusufi, Hadis No. 560

[4] Abu Daud, Sunan Abu Daud, (Bairut: Dar al-Fikr, 1994), Edisi Baru, t.cet., Jilid 2, h. 440, Bab Kitab as-Shalat Hadis No. 1183

[5] An-Nasa’i, Sunan an-Nasa’i, (Bairut: Dar al-Fikr, 1995), Edisi Baru, t.cet., Jilid 2, h. 129, Bab Kaifa shalat al-Kusuf, Hadis No. 1464

[6] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairiut: Dar al-Ikhya’, 1993), Edisi Baru, cet ke-2., Jilid 6, h. 180; Taqrib, Jilid 1, h. 296

[7] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 3, h. 9-10; Taqrib, Jilid 1, h. 262

[8] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 1, h. 430-431; Taqrib, Jilid 1, h. 103

[9] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 2, h. 353-354; Taqrib, Jilid 1, h. 216; Ad-Dhahabi, Siyar A’lam an-Nubala, Jilid 7, h. 236

[10] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 6, h. 138-140; Taqrib, Jilid 2, h. 659

[11] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 5, h. 47-49; Taqrib, Jilid 2, h. 504

[12] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 5, h. 415-416; Taqrib, Jilid 2, h. 579

[13] Ibnu Hajar, op. cit., Jilid 5, h. 272-273; Taqrib, Jilid 2, h. 550

[14] Menurut at-Tirmidzi dari Bukhari bahwa yang riwayat tidak bisa diterima hanya jika Habib meriwayatkan hadis dari ‘Urwah, karena habib tidak pernah mendengar hadis sedikitpun dari ‘Urwah. Selanjutnya menurut yahya, Habib memungkarkan dua hadis yaitu yang potongan lafadznya, tushalla al-mustahaadhah wa in qatara ad-dammu ‘ala al-hashir, dan hadis al-qublah li shaaim. (Lihat ad-Dhahabi, Siyar A’lam an-Nubala, Jilid 5, h. 290-291); Selanjutnya sebagaimana telah diterangkan pada penjelasan kritikus hadis di atas tentang Habib, mereka lebih banyak menyatakan siqah. Dari penjelasa yang sekilas ini penulis bisa menangkap sedikin pesan bahwa, hadis Habib bisa dinyatakan dha’if jika di ambil dari ‘Urwah, bila tidak maka sebagaimana kritikus hadis menyatakan secara gambling tentang kesiqahan Habib. Oleh karena itu untuk hadis sebagaimana dalam pokok bahasan bisa diterima, sebab berita yang di ambil oleh Habib bukan dari ‘Urwah akan tetapi dari Thawus, maka bisa diterima dengan selayaknya. Sementara itu, pada riwayat jalur Muslim dalam kitab sahihnya, mengambil hadis dengan lafadz yang sama dan juga menggunakan jalur sanad dari Habib dari Thawus dari Ibn ‘Abbas dari Nabi saw.

No comments:

Post a Comment

Mohon Diisi Dengan Kritik dan Saran Yang Membagun